KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
KELAS: IV
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Bertambah keimanannya dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah
dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan dan fungsinya
3.2 Mendeskripsikan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup
3.3 Memahami
hubungan antara gaya, gerak, dan
energi melalui pengamatan, serta mendeskripsikan penerapanya dalam kehidupan
sehari-hari
3.4 Membedakan
berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya
dalam kehidupan sehari-hari
3.5 Memahami
sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indera
pendengaran
3.6 Memahami
sifat-sifat cahaya melalui pengamatan dan mendeskripsikan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
3.7 Mendeskrisikan
hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
1.1 Menuliskanhasil
pengamatan tentang bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan tumbuhan serta
fungsinya
1.2 Menyajikan secara
tertulis hasil pengamatan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup.
1.3 Menyajikan laporan
hasil percobaan gaya dan gerak menggunakan table dan grafik
1.4 Menyajikan
hasil percobaan atau observasi tentang bunyi
4.5 Membuat
sebuah karya/model yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya
4.6 Menyajikan
laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.7 Menyajikan
laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan
sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan
teknologi tersebut
|
KELAS: V
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Bertambah keimanannya dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap
kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan
ajaran agama yang dianutnya
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah
dan berdiskusi
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun
berkelompok
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca]
serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Mendeskripsikan
rangka manusia dan fungsinya
3.2 Mengenal
bagian tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya
3.2 Mengenal
organ tubuh manusia dan hewan serta mendeskripsikan fungsinya
3.3 Mengidentifikasi
perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya
alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
3.4 Mengenal
rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
3.5 Mendeskripsikan
siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk
hidup
3.6 Mengenal
jenis hewan dari makanannya dan mendeskripsikan rantai makanan pada ekosistem
di lingkungan sekitar
3.7 Mengenal
sistem pernafasan hewan dan manusia serta penyakit yang berkaitan dengan
pernafasan
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan
konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Membuat
bagan rangka manusia beserta fungsinya
4.2 Menuliskan
ide-idenya tentang pemanfaatan bagian tumbuhan di sekitarnya bagi manusia
4.3 Merancang
dan membuat rangkaian seri dan parallel menggunakan sumber arus searah
4.4 Membuat
kompas sederhana untuk mendeteksi medan magnet bumi
4.5 Membuat
electromagnet sederhana dan menggunakannya untuk mendeteksi benda-benda yang
ditarik oleh magnet
4.6 Menyajikan
hasil pengamatan untuk membentuk rantai makanan dan jejaring makanan dari
makhluk hidup di lingkungan sekitar yang terdiri dari karnivora, herbivora,
dan omnivore
4.5 Menyajikan
hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam
akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika
permasalahan tersebut tidak diatasi
4.7 Menyajikan
laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ
tubuh manusia
|
KELAS: VI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Bertambah keimanannya dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap
kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan
ajaran agama yang dianutnya
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah
dan berdiskusi
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun
berkelompok
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual
dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya
berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah,
dan tempat bermain
|
3.1 Mengidentifikasi
kegunaan energi listrik, konversi energy listrik, transmisi energy listrik,
dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari
3.2 Mendeskripsikan
sistem tata surya, matahari sebagai pusat tata surya, serta posisi dan
karakteristik anggota tata surya
3.3 Mendeskripsikan
peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi, revolusi bulan, dan peristiwa
terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari
3.4 Membedakan
campuran dan larutan melalui pengamatan
3.5 Memahami
hubungan antara suhu, sifat hantaran, perubahan benda akibat pengaruh suhu
melalui pengamatan, serta mendeskripsikan aplikasinya dalam kehidupan
sehari-hari
3.6 Mendeskrisikan perkembangbiakan
mahluk hidup
3.7 Mengidentifikasi
cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan
konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Merancang
dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan
bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
4.2 Melaksanakan
percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta
mengidentifikasi variable bebas dan variable terikat dalam percobaan tersebut
4.3 Membuat
laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
4.4 Mengikuti prosedur
perkembangbiakan tumbuhan dan melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan
4.5 Menyajikan
laporan hasil pengamatan tentang adaptasi makhluk hidup yang ditemui di
lingkungan sekitar
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar